LABUAN BAJO, BERITA FLORES – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI yang ke 77 tahun 2022, diperingati dan dilaksanakan secara serentak pada Jumat (25/11/2022).

Upacara HUT PGRI tahun 2022 mengangkat tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Sementara di Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Peringatan Hari Ulang Tahun PGRI dilaksanakan di lapangan SDI Werang Kecamatan Sano Nggoang, Jumat (25/11/2022) dengan mengangkat tema “Peran Guru Penggerak Dalam Transformasi Pendidikan Indonesia”.

Peringatan HUT PGRI di Kecamatan Sano Nggoang sendiri diawali dengan Upacara Bendera dilanjutkan dengan seminar para guru serta atraksi dari siswa/siswi.

Camat Sano Nggoang, Alfonsius Arfon, saat mengikuti perayaan HUT PGRI mengungkapkan bahwa salah satu tantangan bagi para Guru di Kecamatan Sano Nggoang dalam mengikuti program Guru Penggerak ialah kurangnya jaringan telekomunikasi, karena program ini berbasis online. Kita sama-sama berjuang agar masalah jaringan ini cepat diatasi.

Alfonsius menambahkan sesungguhnya Guru adalah penyangga moralitas bangsa di tengah era globalisasi yang kian cepat mempengaruhi seluruh sendi kehidupan. Karena itu pendidikan harus dimaknai sebagai investasi moral. Untuk mendukung investasi moral ini, transfer pengetahuan perlu mengedepankan nilai-nilai yang mengarah pada pembentukan karakter. Investasi moral hendaknya kita lakukan sejak dini di seluruh lembaga pendidikan baik di PAUD, TK, SD maupun PENDIDIKAN MENENGAH.

“Guru adalah penyangga moralitas bangsa di tengah era globalisasi. Oleh karena itu, pendidikan harus dimaknai sebagai investasi moral yang mengedepankan nilai-nilai yang mengarah pada pembentukan karakter yang kita lakukan sejak dini” Ungkapnya.

Lebih jauh Alfonsius menjelaskan momentum HUT PGRI dimaknai sebagai komitmen bersama dalam meningkatkan profesionalitas para Guru sebagai penyuluh Bangsa. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi atau profesionalitas ialah melalui knowledge sharing atau sharing pengetahuan.

“Dalam momentum HUT PGRI ini, salah satu cara dalam meningkatkan kompetensi atau profesionalitas para Guru ialah harus melalui sharing pengetahuan atau knowledge sharing” Tutupnya.

Di tempat yang sama wakil ketua PGRI Kecamatan Sano Nggoang, Achmad Jehudin mengatakan PGRI Kecamatan Sano Nggoang telah melakukan beberapa agenda dalam memperingati HUT PGRI yang ke 77 diantaranya melakukan upacara bendera serta melakukan seminar sehari dalam rangka meningkatkan peran guru, terutama menyukseskan program pemerintah melalui guru penggerak.

Lebih lanjut Achmad mengharapkan, melalui HUT PGRI ini, kita bersama-sama membangun komitmen serta menyatukan tekad agar semua anggota PGRI se-Kecamatan Sano Nggoang untuk bahu-membahu mewujudkan program merdeka belajar yang di dengungkan oleh menteri pendidikan.

“Melalui HUT PGRI ini, kita semua harus menyatukan tekad untuk mewujudkan program merdeka belajar yang di dengungkan oleh menteri pendidikan” Ujarnya.

Achmad menambahkan terkait dengan guru honorer yang ada di Kecamatan Sano Nggoang, kiranya pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengambil kebijakkan strategis demi kesejahteraan mereka.

Sementara itu, salah satu guru honorer Bonifantura P Arjo mengatakan semoga dengan HUT PGRI  yang ke-77 ini, guru dapat meningkatkan prestasi dan kompetensi dengan mengikuti seleksi Calon Guru Penggerak yang di gagas oleh Kementrian Pendidikan.

Lebih jauh Bonifantura mengharapkan agar pemerintah Daerah dan Pusat tetap memperhatikan kesejahteraan guru agar memperoleh kehidupan yang layak. Kemudian dengan pengangkatan P3K tahun ini, kiranya PGRI Kecamatan Sano Nggoang mendorong ke Pemerintah Kabupten agar mengangkat P3K berdasrkan lama mengabdi.

Turut hadir pada kesempatan ini, camat Sano Nggoang bersama FORKOMPIMCAM, Danpos, anggota polsek, kepala puskesmas Werang beserta tenaga medis, UPTD BKKBN Sano Nggoang, para guru serta siswa/siswi mulai dari TK sampai SMA se-Kecamatan Sano Nggoang.

Peter Arifin

Previous articleDPRD Sebut Rezim Hery-Heri Lakukan Pembohongan Publik Soal Jalan Rusak
Next articleDusun Lewar di Manggarai Masih Terisolir, Pemda Diminta Buka Akses Jalan Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here