Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit saat memukul gong tanda dimulainya kegiatan RAT KSP Kopkardios. (FOTO: Beritaflores).

Ruteng, Beritaflores.com – Puncak Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-24 KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Kopkardios digelar di gedung Asumta Paroki Katedral Ruteng Senin, 18 Maret 2024. RAT kali ini mengusung tema “Setia Membangun Kesejahteraan Bersama”. RAT ini juga bertepatan dengan usia perak 25 tahun koperasi kredit itu.

Dari pantauan wartawan, panitia penyelenggara RAT menyambut para tamu undangan dengan tuak kapu dan seekor ayam jantan sebagai tanda penghormatan dan ungkapan selamat datang secara adat Manggarai. Hadir dalam kegiatan itu antara lain, Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit didampingi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah, pimpinan Bank Mandiri, perwakilan Bank NTT, Ketua PUSKOPDIT Manggarai, serta para pengurus dan anggota Kopkardios.

RAT KSP Kopkardios ini dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai, Hery Nabit dengan memukul gong sebanyak tiga kali, tanda dimulainya RAT tersebut. Dalam sambutannya, Bupati Hery mengapresiasi sejumlah capaian yang telah ditorehkan oleh pengurus Kopkardios. Menurut dia, koperasi itu sudah bertumbuh dan berkembang dengan baik.

“Mari kita saling memberi manfaat, mari kita bekerja sama agar kita semua bisa lebih maju. Tentunya mensejahterakan masyarakat Manggarai adalah tugas kita bersama. Mari kita saling mengisi dan melengkapi kekurangan kita masing-masing,” ujarnya.

Ketua panitia Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023, sekaligus ketua panitia Pesta Perak KSP Kopkardios, Kanisius Teobaldus Deki, mengatakan, pihaknya telah menggelar kegiatan sosial donor darah dalam rangka memperingati 25 tahun KSP Kopkardios.

“Donor darah ini dilakukan untuk membantu meringankan beban bagi keluarga yang membutuhkannya. Kita membangun kerja sama dengan PMI Manggarai,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, seluruh jajaran Kopkardios berziarah ke makam inisiator pendirian KSP Kopkardios, Mgr. Eduardus Sangsun, SVD.

“Ziarah ke makam beliau merupakan ungkapan terima kasih sekaligus menimba spirit baru untuk melayani anggota dan masyarakat dengan sungguh-sungguh. Kami juga mengunjungi pantai asuhan Wae Peca Lalong dan Somascan di Cimpar, Ruteng,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kopkardios, Romo Leonardus Eventius Noveri mengatakan, untuk Tahun Buku 2024, pihaknya berupaya meningkatkan prestasi melalui berbagai strategi dengan menggerakkan anggota lama untuk merekrut anggota baru, mengembangkan titik-titik pelayanan ke beberapa Paroki atau dalam satu Paroki dan membuka tempat pelayanan di wilayah kota Ruteng ini. Tak hanya anggota baru, pihaknya juga menargetkan penambahan aset Kopkardios di tahun buku 2024 sebesar Rp10 miliar. Dengan begitu, total aset diharapkan dapat menjadi Rp100 miliar.

“Penambahan anggota baru sejumlah 2.500 orang, supaya akhir tahun jumlah anggota menjadi 20.000. Dengan cara perhitungan: ada 155 TPK, masing-masing TPK diharapkan menambah 15 anggota baru sepanjang tahun buku 2024 dan setiap bulannya paling kurang 1 anggota baru”, pungkas dia.

Di akhir kegiatan tersebut, pengurus membagikan sejumlah hadiah mulai dari uang tunai, sembako berupa beras, perlengkapan dapur dan televisi. Hadiah tersebut diberikan kepada belasan anggota yang berhasil memenangkan undian. (RED).

Previous articleBupati Manggarai ke Kadis: Menjadi Birokrat Harus Miliki Pengetahuan Luas
Next articleBKH Ungkap Kelompok Mafia Tanah di Labuan Bajo Libatkan Oknum Kades, BPN dan APH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here