Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar. Foto: Peter Arifin/ Beritaflores.com

LABUAN BAJO, BERITA FLORES – KTT ASEAN yang ke-42 telah sukses digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023 yang lalu.

Seluruh lapisan masyarakat Manggarai Barat sangat senang dan bahagia karena penyelenggaraan gelaran internasional itu berlangsung sukses, aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Sebagai tuan rumah tentu momen ini tidak bisa dilupakan karena Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dipilih menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Penyelenggaraan ini juga dapat mengangkat dan mempromosikan pariwisata Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suksesnya penyelenggaran KTT ASEAN ke-42 dari tanggal 9-11 Mei yang lalu juga turut disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Martinus Mitar.

Dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atas keputusannya untuk menyelenggarakan KTT Asean Summit yang ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena Labuan Bajo diberikan kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaran KTT ASEAN ke-42” ungkapnya.

Martinus juga mengatakan penyelenggaraan Asean Summit di Labuan Bajo berjalan aman dan lancar dan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak TNI-POLRI yang sudah memberikan rasa aman dan nyaman dalam penyelenggaraan KTT ini.

“Selaku ketua DPRD saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak keamanan yang telah menjaga dan memberi rasa aman pada saat penyelenggaraan KTT ASEAN hingga selesai” tuturnya.

Juga kepada masyarakat Manggarai Barat terutama masyarakat kota Labuan Bajo yang turut berpartisipasi memberikan ruang rasa nyaman saat kegiatan Asean Summit, ini juga merupakan bagian yang luar biasa dari masyarakat Mabar menyambut dan antusias pada gelaran KTT ASEAN dan terbukti selama penyelenggaraan masyarakat betul-betul menjaga dan mendukung.

“Tak lupa saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat terutama masyarakat kota Labuan Bajo yang sudah memberikan ruang rasa aman, menjaga serta mendukung seluruh kagiatan KTT ini” imbuhnya.

Lebih jauh Martinus menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat atas kerja keras Pemda yang di pimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati terutama terkait dengan kebersihan kota Labuan Bajo saat berlangsungnya KTT ASEAN yang ke-42.

“Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat atas kerja keras dari Pemda yang di pimpim langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati terutama membersihkan kota Labuan Bajo dari berbagai sudut. Semoga setelah Asean Summit kita semua yang ada di Mabar tetap menjaga kebersihan kota secara berkelanjutan, menciptakan rasa aman dan budaya ramah” lanjutnya.

Terkait dengan semua produk yang disiapkan untuk kepentingan para tamu serta dari aspek makanan, Martinus menghimbau agar  kualitasnya harus betul-betul dijaga dan dari aspek makanan harus di pertahankan higinisnya. Ia juga mendorong para pelaku dunia pariwisata untuk mengedepankan pelayanan prima dan maksimal kepada wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

“Untuk semua produk dan makanan yang mau disajikan kepada wisatawan semuanya harus dijaga, baik dari segi kualitas maupun higinisnya” katanya.

Lebih jauh Martinus menjelaskan bahwa multi efek dari penyelenggaraan Asean Summit ini cukup luar biasa karena saya yakin dan percaya bahwa hampir semua masyarakat kota Labuan Bajo mendapatkan dampak yang luar biasa dari penyelenggaraan ini.

“Penyelenggaran KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo sangat luar biasa dan hampir semua masyarakat mendapatkan dampak yang signifikan” tutupnya.**Peter Arifin**

Previous articlePartai NasDem Jadi Garda Terdepan Pertahankan Budaya di Tengah Kemajuan Manggarai Barat Saat Ini
Next articleDukung IKM, Kadis Frans Gero Perkuat Mindset dan Karakter Guru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here