Pemda Manggarai bersama PT. Bank NTT saat melaksanakan kegiatan launching aplikasi CMS SP2D Online. (Foto: Beritaflores/ Heri Mandela).

RUTENG, BERITA FLORES – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai resmi meluncur aplikasi baru bernama Content Management System (CMS) Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online, pada Senin, (27/3), di Aula Nucalale Kantor Bupati Manggarai.

CMS SP2D online merupakan sistem keuangan yang terintegrasi antara Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Bank NTT untuk mempercepat proses pencairan dana melalui pendekatan tekhnologi aplikasi.

Dalam sambutannya, Direktur Dana dan Treasury Bank NTT, Yohanis Landu Praing, mengatakan Bank NTT sebagai Bank milik masyararakat NTT selalu memberi pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat NTT, secara khusus bagi masyarakat Kabupaten Manggarai.

“Sudah layak dan sepantasnya Bank NTT memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Manggarai, sehingga pada hari ini kita boleh melakukan launching SP2D online”, tutur Yohanis Landu Praing.

Lebih lanjut Ia mengatakan, ke depanya Bank NTT juga akan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk menghadirkan SPJ online.

“Kalau kita menerapkan SPJ online, otomatis efisiensi dan efektivitas dengan sendirinya akan terjadi. Yang terpenting adalah memberikan kemudahan bagi para bendahara,” katanya.

Selain itu Ia juga menekankan, dengan penerapan CMS SP2D online maka indeks elektronifikasi Pemerintah Kabupaten Manggarai akan meningkat.

“Kalau kemarin masih dalam level maju, sekarang sudah pada level digital”, Pungkas Direktur Dana dan Treasury Bank NTT itu.

Sementara Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit menyambut baik kehadiran aplikasi CMS SP2D online yang diterapkan oleh Bank NTT itu.

Menurutnya, aplikasi CMS SP2D online bisa membantu mempercepat dan mempermudah transaksi keuangan di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai.

Ia mengatakan, percepatan pembangunan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun ada sejumlah keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah dalam hal sumber daya manusia, pembiayaan, dan lain-lain.

“Tapi kita bersyukur bahwa pada suatu titik, kita dipertemukan dengan lembaga-lembaga dan orang-orang yang memiliki cara pikirnya sama untuk percepatan pembangunan”, ungkap Bupati Hery Nabit.

Berangkat dari visi yang sama tersebut, katanya, maka lahirlah sejumlah terobosan untuk membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Manggarai.

Diakhir sambutannya, Bupati Hery mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah berbagi diskusi, baik formal maupun informal, hingga sampai pada implementasi SP2D online.

“Terima kasih kepada Bank NTT yang melaunching (SP2D online) ini untuk mendukung pembangunan perekonomian di Manggarai. Yang saya mau katakan, percepatan itu tidak hanya dimiliki oleh kita, tapi juga dimiliki oleh lembaga-lembaga lain yang memiliki pemahaman yang sama”, tutupnya.

Ia pun berharap, melalui penerapan CMS SP2D online, maka roda ekonomi akan bergerak lebih cepat, sehingha berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Manggarai.**Heri Mandela**

Previous articleDemokrat, Nasdem, dan PKS Resmi Dukung Anies Baswedan, Capres 2024 Mendatang
Next articleKPU Manggarai Ajak Kades dan Lurah Sosialisasi Perubahan Jumlah Dapil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here