Tampak Heri Baben pose bersama para juri saat merilis pemenang APC 'Got Talent Satarmese Raya'. (Foto: Heri Baben).

RUTENG, BERITA FLORES- Audisi ‘Got Talent Satarmese Raya’ yang diselenggarai Arutama Production Creative (APC) dan disponsori pengusaha sukses asal Manggarai bernama Heri Baben kini telah merilis pemenangnya.

Acara merilis satu pemenang terbaik audisi ‘Got Talent Satarmese Raya’ itu berlangsung di Cafe Sky Teras Ruteng pada Senin sore, 20 Mei 2024.

Juri APC ‘Got Talent Satarmese Raya’ mengumumkan Dedi Sampur pemuda asal wilayah Poco Leok terpilih sebagai pemenang di audisi tersebut.

Owner dan Produser APC Steni Arutama menjelaskan, aspek yang dinilai dalam audisi tersebut adalah karakter vokal dan diikuti hasil poling masyarakat lewat aplikasi Tiktok.

Sementara sang juara akan dihadiai single original, plakat penghargaan, dan uang tunai dari Arutama Production Creative.

“Untuk teman-teman yang terpilih kalian berhak mendapatkan satu lagu original. Sehingga nanti kita kondisikan waktu yang baik antara pemenang dan kami untuk rekam pembuatan video klip eksklusif. Yang menang juga mendapat plakat penghargaan dan uang saku dari sponsor utama yakni Kakak Heri Baben,” ujarnya.

Heribertus Baben, sponsor utama kegiatan audisi tersebut mengucapkan selamat kepada pemenang terpilih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang terlibat mengikuti audisi.

Ia mengisahkan, selama kurun waktu dua tahun terakhir mengelilingi Manggarai Raya, ia menemukan banyak sekali bakat-bakat penyanyi seperti anak-anak SMP dan SMA yang hanya dikenal oleh orang di sekitar lingkungan itu saja.

“Misalnya Kenji, hanya terkenal di Colol saja. Padahal suara mereka sangat bagus. Kenapa suara emas ini tidak didengar oleh seluruh masyarakat Manggarai Raya dan seluruh Indonesia? Makanya saya waktu itu mencoba berpikir untuk menyediakan wadah atau media untuk mempromosikan mereka. Sehingga suara mereka bisa didengar semua orang,” kisah Heri Baben.

Ia menjelaskan, perekaman video lagu untuk diekspos melalui saluran YouTube memungkin seseorang untuk dikenal oleh dunia luar.

“Kita rekam videonya dilempar ke YouTube melalui saluran Arutama nanti masyarakat yang menilai. Supaya tidak hanya teman-teman di Ambon dan Papua sana yang go nasional, kita juga harus bisa go nasional karena memiliki suara-suara bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Heri Baben menyampaikan bahwa audisi serupa akan dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai. Setelahnya dilanjutkan ke Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

“Nanti setelah Satarmese kita ambil di Rahong Utara, Lelak dan Ruteng, setelah itu nanti Langke Rembong dan Wae Ri’i, bergeser ke Reok Barat dan Reo, Cibal dan Cibal Barat. Nah, setelah itu baru lanjut ke Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Setelah semuanya diekspos ke YouTube nanti kita akan konser di Ruteng,” imbuhnya.

Terpisah, Inji Bomorata, salah satu juri pada audisi tersebut menyampaikan hal senada dengan Heri Baben.

“Banyak bakat di Manggarai, hanya membutuhkan orang yang bisa mengekspos bakat-bakat ini. Di sekolah, saya lebih cenderung untuk mengekspos potensi vokal yang bagus. Tahun ini saya mencoba kolaborasi dengan APC, dan kami bertemu dengan kakak Heri Baben yang sangat luar biasa mensuport kami,” ujar guru muda yang mengabdi di SMK Widia Bakti Ruteng itu.

Wisil Cetak, salah satu juri dalam audisi tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada APC dan sponsor utama kegiatan tersebut.

“Saya juga penikmat musik dan juga pelaku musik di Ruteng. Terima kasih banyak untuk kakak Steni APC yang telah mencari bakat-bakat dari anak-anak Manggarai. Dan juga terima kasih kepada sponsor utama kakak Heri Baben,” ujarnya.

Penulis: Heri Mandela

Previous articleDampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Generasi Muda: Sebuah Analisis Mendalam
Next articleMimpi Mengubah Wajah Pertanian Nuca Lale lewat Persemaian Petani Muda di PT Watu Mori Farm