Ketua Yayasan Puspita Bangun Bangsa pose bersama warga usai melaksanakan misa pemberkatan rumah. (Foto: Beritaflores).

RUTENG, BERITA FLORES- Yayasan Puspita Bangun Bangsa (YPBB) terus bergerak memberikan bantuan bagi masyarakat Manggarai lewat berbagai program kegiatan, salah satunya program bedah rumah.

Kali ini YPBB menyerahkan rumah berfasilitas lengkap bagi warga di Rangkat, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT.

Sebelumnya, yayasan yang berdiri sejak tahun 2021 dan diinisiasi oleh para alumni Sanpio Kisol angkatan 79 itu telah berhasil membangun rumah bagi dua warga di Manggarai.

Pantauan Beritaflores.com di lapangan, penyerahan rumah berfasilitas lengkap dari YPBB kepada salah satu warga di Rangkat diikuti dengan perayaan misa pemberkatan rumah.

Ketua YPBB, Florianus Santosa Nggagur mengatakan, YPBB didirikan dengan tujuan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di Manggarai Raya lewat berbagai program kegiatan sosial.

“Ini adalah rumah yang ke tiga yang kami buat. Memang tidak banyak, mungkin setiap tahun hanya satu sesuai dengan kemampuan yayasan,” ujar Flori di depan warga yang hadir pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Ia pun menegaskan, ke depan YPBB akan berusaha semaksimal mungkin untuk membangun lebih banyak lagi rumah bagi warga Manggarai Raya.

Saat ini, hasil pantuannya usai mengelilingi beberapa wilayah di Manggarai Raya, masih banyak kondisi rumah warga yang butuh disentuh program bedah rumah dari YPBB.

Sebab itu, ia pun berharap YPBB terus menjadi wadah penyalur berkat dari orang-orang baik (para donatur) terhadap masyarakat Manggarai yang membutuhkan.

“Saya sedih melihat kondisi ini. Masih banyak rumah-rumah yang tidak layak huni di Manggarai setelah 78 tahun kita merdeka,” ungkap dia.

Flori mengisahkan, dalam pengalamannya melakukan kegiatan pembedahan rumah warga, perilaku baik dari warga penerima selalu menjadi tolok ukur penilaian bagi YPBB.

Ia mengatakan “hati kami tergerak itu bukan semata-mata karena rumah yang reot tapi juga karena orangnya yang baik.”

Tergerak karena orang yang berperilaku baik, ungkap dia, lalu pihaknya pun menelusuri latar belakang ekonomi dari orang tersebut.

“Yah, baru kami melakukan sesuatu untuk membantu. Itulah mengapa kami membedah rumah dari om Njiuk yang berlokasi di Rangkat ini. Kami mengenal beliau ini jauh sebelum kami membedah rumah ini,” imbuh Flori.

Pada kesempatan itu, tak lupa Flori juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada donatur YPBB yang turut prihatin terhadap kondisi kehidupan dari masyarakat Manggarai sehingga tergerak untuk turut membantu.

Sementara Ignasius Wangga (58), warga yang mendapat program bedah rumah dari YPBB mengaku kondisi rumahnya sangat reot dan sederhana sebelum dibedah oleh YPBB.

Ia mengatakan “saya tidak pernah membayangkan dan tidak pernah ada dalam pikiran saya bahwa saya akan mendapat rumah seperti ini. Sungguh luar biasa hal ini terjadi pada saya.”

“Sungguh luar biasa, senang sekali, sungguh aman dan nyaman. Untuk yayasan YPBB, dari hati yang paling dalam saya menyampaikan terima kasih banyak. Semoga YPBB makin sukses dan lancar dalam berkarya ke depannya,” ungkap Njiuk, sapaan akrab pria itu.

Sebagai informasi, selain program bedah rumah, YPBB juga memiliki program lain yang bertujuan untuk memberikan bantuan bagi masyararakat yang membutuhkan.

Adapun berbagai program tersebut, yakni ambulance gratis antar-jemput 24 jam bagi pasien, kursi roda gratis, budidaya pakan sapi, pelatihan fermentasi pakan babi, dan penyediaan taman baca.

Penulis: Heri Mandela

Previous articleCatatan Manis Keberhasilan Indonesia Meningkatkan Upaya Kerja Sama Memerangi Kejahatan Lintas Negara
Next articleYPBB Dorong Pertumbuhan Ternak Babi lewat Latihan Membuat Pakan Fermentasi bagi Peternak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here