Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur Jaghur Stefanus saat memberi sambutan tertulis. (Foto: Efren Polce/Beritaflores).

BORONG, BERITA FLORES- Pemerintah
Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan launcing sensus penduduk 2020 secara online tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Kegiatan launcing sensus penduduk tersebut, berlangsung di depan halaman Kantor Bupati Matim pada saat apel mingguan lingkup sekda Matim. Senin, (17/02/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas dalam yang dibacakan oleh Wabub Mati Jaghur Stefanus menyampaikan bahwa, data saat ini merupakan jenis kekayaan baru. Sebab, data ini adalah new oil, bahkan lebih berharga daripada minyak.

Menurutnya, data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan daerah.

“Data yang akurat sangat panting untuk membuat keputusan yang tepat, data yang akurat sangat penting untuk mengeksekusi program yang tepat sasaran.Jangan sampai  kita membuat perencanaan, memutuskan, serta mengeksekusi program tetapi datanya tidak akurat ”, ujarnya

ia menambahkan, data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Dari data hasil sensus penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini tetapi juga untuk proyeksi beberapa tahun kedepan.

Dari data penduduklah, lanjutnya, perencanaan dimulai dari keputusan yang tepat diambil dan program dieksekusi. Tetapi, kata dia, yang terjadi selama ini masih terdapat kesimpangsiuran data penduduk dari berbagai sumber hal ini menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah.

“Berdasarkan Surat Penegasan Bupati Manggarai Timur Nomor: EK.500/716/XII/2019 tanggal 20 Desember 2019 Tentang Sukseskan Sensus Penduduk 2020, dengan ini kami menginstruksikan seluruh ASN untuk mensukseskan Sensus Penduduk Online di Kabupaten Manggarai Timur”, ungkapnya.

Kata dia, untuk diketahui bersama bahwa Sensus Penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Dijelaskannya, Sensus Penduduk 2020 adalah Sensus Penduduk ke-7 dan menjadi sensus penduduk pertama yang menggunakan sistem online.

“lni adalah Iompatan besar dan menjadi momentum sejarah Manggarai Timur Maju”, katanya.

Diungkapkannya, data yang akurat sangat tergantung pada partisipasi masyarakat. Oleh karena itu diharapkan ASN mengambil peran dan berpartisipasi aktif mensukseskan Sensus Penduduk Online.

“Untuk mengisi Sensus Penduduk Online masyarakat diminta menyiapkan catatan yang berisi Nomor NIK dan Nomor KK. Alamat untuk akses online yaitu sensus.bps.go.id namun kendala kita banyak yang tidak memiliki fasilitas hp android”, ungkapnya.

Karena itu, tambah Wabub Matim, peran ASN sangat sentral untuk meningkatkan akses masyarakat untuk bisa akses online dengan mengajak serta menyediakan akses bagi keluarga, tetangga, rekan kerja di kecamatan dan di desa/kelurahan untuk bisa akses online.

Kata Wabub Matim, waktu pelaksanaan 15 Februari dan berakhir 31 Maret 2020 pastikan kita semua tercatat. Dengan demikian berarti kita telah ikut andil mencatat Indonesia, Mencatat Manggarai Timur. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati upaya kita mensukseskan Sensus Penduduk 2020 Menuju Manggarai Timur Satu Data demi kemajuan daerah kita tercinta, tutup Wabub Stefanus.

Efren Polce/BF

Previous articleDiduga Aniaya Warga, Plh Camat Boleng Diminta Dimutasi
Next articleMusrenbangcam, Bupati Matim: kita harus wujudkan ‘Matim Seber’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here