Bupati Manggarai Timur Agas Andreas saat melantik Camat Lamba Leda Utara Agus Supratman

BORONG, BERITA FLORES- Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.M.Hum secara resmi melantik Agustinus Supratman, S.IP menjadi Camat Lamba Leda Utara.

Acara pelantikan itu berlangsung di Aula Paroki St. Petrus Paulus Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Jumat 06 Agustus 2021.

Pelantikan mantan Wartawan Timor Expres itu juga diikuti dengan pelantikan isteri tercinta Bernadeta Norce Endang, S.Kep.Ns menjadi Ketua TP-PKK Kecamatan Lamba Leda Utara dan Kasubag Kepegawaian Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Timur, Petrus Jafar menjadi Sekretaris Camat Lamba Leda Utara.

Selain itu ada juga Kepala Fungsional Kecamatan Lamba Leda Utara, Salestinus Hasman yang dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Satar Punda.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sambi Rampas, Andi Hamid yang dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Nanga Mbaling.

Serta Kepala Fungsional Umum di Kelurahan Ulung Baras, Maria Goreti Nurhayati dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Lada Mese.

Acara pelantikan tersebut berlangsung dengan Protokol Kesehatan yang ketat dan dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.M.Hum dan Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai Timur, Thresia Wisang Agas.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan, para pimpinan OPD, para anggota DPRD, Rohaniawan, TNI-Polri, Insan Pers dan undangan lainnya.

Jalannya Kegiatan

Pada pukul 10.00 Wita, Bupati Agas bersama rombongan tiba di Aula Paroki Santu Petrus Paulus Dampek.

Rombongan pun langsung diterima secara adat Manggarai melalu “Tuak Curu Kepok Tiba” yang dibawakan oleh Tua Adat setempat.

Setelah itu rombongan diarak menuju kedalam Aula Serba Guna Paroki Santu Petrus Paulus Dampek untuk mengikuti seluruh rangkaian acara.

Memasuki pukul 10.45 Wita, rombongan mengikuti acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan naskah pelantikan.

Disusul acara inti, yakni pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan sumpah jabatan, penyematan tanda pangkat jabatan oleh Bupati Agas serta doa peneguhan untuk pejabat administrasi Kecamatan Lamba Leda Utara.

Selanjutnya pembacaan surat keputusan Bupati Agas dan pelantikan Ketua TP-PKK Kecamatan Lamba Leda Utara oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai Timur, Theresia Wisang Agas.

Selanjutnya pembacaan surat keputusan Bupati Agas dan pelantikan Penjabat Kepala Desa Satar Punda, Penjabat Kepala Desa Nanga Mbaling dan Penjabat Kepala Desa Lada Mese.

Sambutan Bupati Agas

Pada awal sambutan Bupati Agas menyampaikan ucapan selamat dan profisiat kepada Agustinus Supratman dan Ibu serta para Penjabat Kepala Desa yang telah dilantik.

Ia berharap para pejabat yang telah dilantik itu mampu menjalankan amanah yang mulia dengan penuh ketulusan agar dapat mencapai cita-cita dan tujuan bersama membangun Kabupaten Manggarai Timur yang Seber.

Selain itu ia juga berharap agar para pejabat yang dilantik bisa mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan pelayanan prima yang murah dan terjangkau guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai Bupati saya tentu berharap agar kerja-kerja kita mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan lebih peka dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang mungkin akan dihadapi setiap waktu selama bertugas, baik dari dalam maupun dari luar,” tutur mantan Wakil Bupati Manggarai Timur dua periode itu.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk menumbuhkan jiwa semangat good governance dan menghindari terjadinya proses KKN, maka dibutuhkan sebuah transparansi yang dimulai dari dalam diri sendiri sehingga kerja nyata pemerintahan akan membuahkan hasil yang baik.

Ia juga berpesan untuk Ketua PKK Kecamatan Lamba Leda Utara agar memulai program kerja dengan penataan organisasi dan penekanan pada aspek administrasi sesuai ketentuan TP-PKK.

Sedangkan untuk para Penjabat Kepala Desa yang dilantik agar menjalankan aturan dan kewenangan sesuia UU sehingga segala bentuk pengelolaan keuangan Desa maupun kegiatan Desa dapat dilaksanakan sesuai perintah Juknis.

Ia pun berharap Penjabat Kepala Desa agar sesering mungkin membangun komunikasi dan melakukan kordinasi dengan pihak Kecamatan apabila menemukan kendala dalam pelaksanaan tugas di Desa.

“Desa harus berupaya untuk saling berkomunikasi supaya kerja-kerja pemerintahan Desa dapat berjalan dengan baik apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini” ujar Bupati Agas.

Dalam rangka penanganan Covid-19 di tingkat Desa Bupati Agas berpesan agar pihak Desa mengaktifkan kembali posko penanggulangan dan gencar melakukan sosialisasi penerapan Protokol Kesehatan.

Peresmian Gedung Afirmasi UPTD Puskesmas Dampek

Setelah menutup sambutan di acara pelantikan itu Bupati Agas juga meresmikan Gedung Afirmasi UPTD Puskesmas Dampek yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Pada kesempatan tersebut ia mengatakan pembangunan Gedung Afirmasi UPTD Puskesmas Dampek ini harus diwujudkan dengan semangat para medis yang memfungsikan bangunan ini secara baik.

Ia berharap tenaga medis mampu memberikan pelayanan maksimal ketika ada pasien rawat inap yang masuk berobat.

“Upayakan agar pasien dan keluarga pasien merasa nyaman dengan pelayanan kita. Pelayanan harus ramah, tenang, bersahaja dan utamakan kepentingan keselamatan pasien” pesan Bupati Agas untuk para medis.

Penyerahan Bantuan Kelompok Nelayan di Kampung Nanga Lirang

Tak hanya meresmikan Gedung Afirmasi UPTD Puskesmas Dampek, Bupati Agas juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Gillnet Monofilqment 1 dan 2 inc waring dan Coolbox untuk kelompok nelayan Pantura di Kampung Nanga Lirang.

Pada kesempatan tersebut ia juga berpesan agar para penerima bantuan dapat menggunakan bantuan itu secara baik sesuai peruntukan serta mampu menjaga dan merawat agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

“Bantuan ini diberikan dalam bentuk kelompok sehingga diharapkan kelompok nelayan mampu bekerja sama untuk pengelolaannya demi kepentingan dan kesejahteraan nelayan” ungkap Bupati Agas.

Ia juga berkata bahwa pihaknya akan memberi bantuan berupa sepeda motor bagi para nelayan di Pantura untuk menjual hasil tangkapan ikan ke pasar atau ke Desa-desa yang belum ada pasar.

“Tinggal nanti kelompok nelayan buat proposal dan ajukan ke Dinas terkait supaya kami di Kabupaten tinggal eksekusi” tutup Alumni PMKRI Cabang Kupang itu. (Efren).

Previous articleBupati Agas Target Jadikan Matim Sebagai Kabupaten Lumbung Ternak
Next articlePantau RS Pratama Watunggong, Wabup Matim Minta Kontraktor Prioritaskan Tenaga Lokal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here