Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat Edistasius Endi bersama para bakal calon legislatif (Bacaleg) usai menyerahkan berkas Bacaleg di kantor KPU Kabupaten Manggarai Barat. (Foto : Peter Arifin/ Beritaflores.com)

LABUAN BAJO, BERITA FLORES – Partai Nasional Demokrat (NasDem) Manggarai Barat secara resmi mendaftarkan 30 bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan UmumĀ  (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (11/5/2023).

Seluruh Bacaleg bersama Ketua DPD Nasdem serta ratusan pengurus dan pendukung kompak mengenakan pakaian adat. Sebelum beranjak ke Kantor KPU, kader NasDem menjalankan ritual adat yang berlangsung di Kantor Sekretariat NasDem.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Enidi menyampaikan terima kasih kepada KPUD dan Bawaslu dimana Partai NasDem diberi kesempatan untuk mendaftarkan bakal calon DPRD di tanggal 11 Mei tahun 2023.

Sehubungan dengan bahwa kami waktu pendaftaran dengan acara adat, ingin kami menyampaikan sekaligus meninggalkan pesan bahwa kita semua dibesarkan oleh budaya.

Semua kita tahu bahwa saat ini sedang berlangsung KTT itu artinya kemajuan moderisasi tidak bisa dielakkan lagi. Sebagai orang yang berbudaya pesannya cuman satu yaitu semaju dan secanggih apapun situasi mulai hari ini dan kedepannya jangan pernah kita tinggalkan budaya.

“Partai Nasdem Kabupaten Manggarai Barat mau wujudkan garda terdepan agar budaya ini tidak boleh luntur ditengah kemajuan, baik kemajuan di sektor industri pariwisata maupun kemajuan di bidang telkomunikasi” cetusnya usai menyerahkan berkas Bacaleg di kantor KPU Kabupaten Manggarai Barat.

Edistasius menambahkan hari ini Partai NasDem secara resmi mendaftarkan diri para Bacaleg ke KPU Kabupaten Manggarai Barat. Kami pastikan bahwa seluruh dokumen yang disyaratkan oleh KPU semuanya lengkap 100 persen.

“Kami yakin dokumen yang telah kami verifikasi tidak berbeda dengan dokumen yang diterima KPU” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk bisa mewujudkan threshold pilkada atau 20 persen dari total kursi yang ada di Kabupaten Manggarai Barat atau sama dengan 6 kursi, tentu untuk mencapai itu bukanlah sesuatu yang mudah bukan juga sesuatu yang berat rumusnya sederhana yaitu dengan berjuang bersama maka apa yang kita harapkan bisa tercapai. Saya minta kepada seluruh yang di percayakan menjadi caleg supaya jangan kita kedepankan yang namanya egoisme.

“Untuk bisa mewujudkan threshold pilkada tentu berjuang bersama-sama adalah salah satu kunci sehingga apa yang kita harapkan semuanya bisa tercapai” tandasnya.

Terkait persentase calon perempuan, Edi mengatakan secara umum Partai NasDem sudah memenuhi syarat pengajuan pendaftaran bacaleg ke KPU Mabar, baik jumlah bacaleg secara keseluruhan maupun kouta perempuan.

“Untuk total secara keseluruhanya ada 30 bacaleg dan calon perempuan setiap dapil kita sudah memenuhi kuota, minimal 3 orang perdapil diantaranya dapil 1 sebanyak 4 orang, dapil 2 sebanyak 3 orang dan dapil 3 juga ada 3 orang perempuan, sehingga persentasenya sebanyak 33 persen” tuturnya.

Kepada 5 incumbent Edi juga meminta untuk membimbing 25 orang lainnya, karena tanpa kebersamaan saya kira tidak bisa mencapai yang namanya sebuah kemenangan, hanya dengan bersatu kita bisa meraihnya.

Lebih jauh Edi menjelaskan bahwa target untuk Kabupaten Manggarai Barat harus terpenuhi threshold pilkada, dimana pada pileg 2019 rakyat Mabar sudah mempercayakan kepada NasDem untuk meraih 5 kursi maka di tahun 2024 target kami adalah sebanyak 6 kursi.

“Untuk pileg tahun 2024 target kita sebanyak 6 kursi dimana pada pileg 2019 kita mendapatkan 5 kursi sehingga tahun 2024 harus mencapai target bahkan harus melebihi target” lanjutnya.

Terakhir Edi mengungkapkan bahwa untuk Partai NasDem sendiri pileg maupun pemilu lainnya bukanlah sebuah pertempuran tetapi ini momen pertandingan, karena itu pertandingan mesti ada lawan, supaya seni maka tidak ada juga teman tetapi jangan lupa karena ini pertandingan tidak ada musuh.**Peter Arifin**

Previous articleKepsek di Manggarai Sampaikan Torehan Prestasi saat Terima Kunker Kapolda NTT
Next articleMartinus Mitar Apresiasi Atas Suksesnya Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here