Koordinator Aliansi Mahasiswa Manggarai (AMM), Gregorius Y Setiawan saat mengenakan masker kepada seorang ibu di Pasar Inpres Reok. (Foto: Dok. AMM).

RUTENG, BERITA FLORES – Dalam rangka memerangi pandemi coronavirus diseases (Covid-19), Aliansi Mahasiswa Manggarai (AMM) menggandeng aparat Polsek dan Koramil 1612-03 Reok membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker gratis kepada masyarakat di pasar inpres dan Tempat Penjualan Ikan (TPI) Reo pada Senin, 31 Agustus 2020. Aliansi ini merupakan gabungan mahasiswa Manggarai dari beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Malang, dan Ruteng.

Kordinator Umum AMM, Gregorius Setiawan mengatakan, pembagian masker itu merupakan salah satu tujuan dari gerakan AMM sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap masyarakat Manggarai, terutama para pengunjung Pasar Inpres Reok dan para pedagang di TPI Reok.

Wawan begitu ia akrab disapa menuturkan, masker tersebut adalah hasil kerja keras yang dilakukan oleh teman -teman AMM di setiap wilayah atau korwil yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Dalam konsepnya, kami pada setiap korwil mencari sendiri dananya dengan mencari para donatur yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada masyarakat. Di mana ketika semuanya sudah terkumpul, maka nanti kami langsung menyalurkanya dalam bentuk bantuan masker,” kata Wawan.

Aparat Koramil Reok saat mengenakan masker kepada seorang warga Pasar Inpres Reok. (Foto: Dok. AMM).

Wawan menguraikan, pihaknya memilih masker sebagai bantuan yang wajib diberikan karena bagi AMM, masker merupakan Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib dimiliki sebagai sarana pencegahan pandemi Covid 19. Selain pembagian masker, pihaknya juga memberikan imbauan kepada pengunjung pasar agar selalu memakai masker, jagan jarak dan jangan lupa cuci tangan agar bisa memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan kepada teman-teman yang mengikuti kegiatan pembagian APD berupa masker kepada masyarakat di Reo. Juga kepada Polsek Reo, Koramil 1612-03 Reo yang sudah bersinergi dalam melaksanakan kegiatan pembagian masker.

“Semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat,” sambungnya.

AMM berharap agar Pemda Manggarai memberi perhatian seluruh mahasiswa Manggarai yang sampai saat ini masih bertahan di kota tempat mereka kuliah.

Kapolsek Reo Ipda Agustian Sura Pratama, S.Tr.K mengucapkan terima kasih kepada Aliansi Mahasiswa Manggarai atas kepedulian mereka terhadap masyarakat dengan membagikan masker dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Reo.

“Saya memyampaikan terima kasih kepada teman-teman AMM atas kepeduliannya untuk membantu memutuskan mata rantai covid-19,” ujarnya.

Ia membahkan, untuk masyarakat Reo terutama yang berada di tempat umum seperti pasar dan pertokoan, diharapkan kesedaran bermasker bisa ditingakatkan. Para pedangang rata-rata memakai masker saat berjualan hanya ada beberapa saja yang belum memakai masker dan pembeli juga masih banyak yang belum mengunakan masker.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker pada saat melakukan aktivitas di luar rumah demi keselamatan kita bersama,” pungkas dia.

Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan pembagian masker sebanyak 4 kali dan akan seterus melaksankan kegiatan serupa.

Sementara Danramil 1612-03 Reo, KAPTEN INF. Totok Haryanto mengaku, sangat mendukung kegiatan pembagian masker. Di mana, kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker apalagi di sejumlah fasilitas publik seperti pasar karema rentan menularnya virus karena banyak orang yang keluar masuk pasar.

Ia mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa pentingnya pengamanan diri di masa pandemi ini. Ia mengajak agar melaksanakan protokoler kesehatan dengan cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selama kegiatan ini berlansung, pihak kepolisian Polsek Reo melakukan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Reo Ipda Agustian Sura Pratama S.Tr.K dan Danramil 1612-03 Reo Kapten INF. Totok Haryanto dengan melibatkan 5 personel Polsek Reo dan 7 anggota Koramil 1612-03 Reo. (TIM).

Previous articleDi Tengah Pandemi, Kepsek SMKN 1 Wae Rii Pecat 15 Guru Komite
Next articleTak Terpengaruh Konflik Ciracas, TNI-Polri di Manggarai Gelar Coffee Morning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here