Kepala Desa Compang Mekar, Belasius Kasbun bersama relawan saat menggelar apel siaga (Foto:Ist)

BORONG, BERITA FLORES- Hingga kini, upaya pencegahan terhadap penularan wabah virus Corona (Covid-19) tidak hanya diperbatasan antar kota maupun propinsi, namun pedesaan juga melakukan hal serupa untuk melakukan pencegahan  terhadap penyebaran Virus yang mematikan itu.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Compang Mekar, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT   juga melakukan antisipasi terhadap penularan pandemi Covid-19.

Saat ini, Pemdes Compang Mekar telah mengalokasikan anggaran bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.160.000.000, untuk penaganan dan pencegahan wabah covid-19.

Kepala Desa Compang Mekar, Belasius Kasbun menyampaikan hal itu kepada Beritaflores.com pada Kamis 30 April 2020.

Ia menjelaskan anggaran tersebut, akan digunakan untuk membangun posko relawan hingga pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), seperti jas hujan, masker.  Tak hanya itu, lanjut dia, sejumlah fasilitas pun telah disiapkan, misalnya, alat penngukur Suhu (Termogun), cairan disinfektan, sabun pencuci tangan.

“Kami dari Pemerintahan Desa, juga membuat posko jaga diperbatasan antar desa. Bahkan, apel siaga sudah dilakukan. Saat ini semua relawan juga telah dilengkapi APD,” kata Belasius.

Ia mengatakan, cairan disinfektan, akan dilakukan penyemprotan disetiap rumah warga hingga di fasilitas umum. Bahkan, masker juga akan dibagikan setiap warga yang membutuhkan.

Menurut dia, upaya pencegahan  dengan membangun posko Covid-19, untuk memperketatkan akses masuk desa serta mengantisipasi kedatangan orang baru, yang beriwayat pernah merantau di daerah terpapar Covid-19, hingga dilakukan pendataan.

Bahkan saat ini pihaknya, wajib dilakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan dan mencuci tangan terhadap warga yang masuk ke desa itu.

Selain itu, pihaknya berkomitmen untuk terus memperketatkan pengawasan serta melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga maupun pelaku jalan yanf melintas di jalur itu.

Oleh karena itu, ia menegaskan kepada seluruh masyarakat di desa itu untuk tetap bersinergi demi melawan atau memutus mata rantai penyebaran Covid -19, yang saat ini tengah merebak disejumalah negara.

“Mengingat pentingnya gerakan  masif yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri rumah tangga, lingkungan dan desa guna menekan bahkan melawan penyebaran  covid 19 ini yg sangat cepat,” kata Kades dua periode itu.

Efren Polce/Berita Flores

Previous articleWarga Terdampak COVID-19 dapat Bantuan Sembako
Next articleSoal Pabrik Semen: BPN Diminta tak Gegabah Ukur Tanah Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here