RUTENG, BERITA FLORES – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manggarai menggelar Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) III di Aula Rumah Retret Efata Ruteng pada Jumat (12/11/2021).

Dua agenda penting Muskab yang digelar lima tahunan itu adalah pertanggungjawaban pengurus PMI Kabupaten Manggarai masa bhakti 2016-2021 dan pemilihan ketua baru masa bhakti 2021-2026.

“Sesuai dengan AD/ART, kita wajib melaksanakan Muskab lima tahun sekali,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Muskab, Pino Jebarus, di sela-sela acara Muskab, Jumat (12/11/2021).

Ia menambahkan, agenda pertama Muskab kali ini adalah laporan pertanggungjawaban pengurus lama, selanjutnya agenda kedua adalah pemilihan ketua baru.

“Agenda utamanya adalah pertanggungjawaban dan pemilihan ketua baru,” terangnya.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Muskab III PMI Kabupaten Manggarai mengatakan, Muskab diikuti oleh sebanyak 30 peserta dari unsur pengurus PMI Provinsi NTT, pengurus PMI Kabupaten Manggarai masa bhakti 2016-2021, unsur pengurus dari setiap PMI Kecamatan, unsur staf/pegawai, sukarelawan dan peninjau.

Muskab III PMI Kabupaten Manggarai dibuka oleh Asisten II Setda Kabupaten Manggarai, drh. Yosep Mantara, M. P, dan dihadiri oleh jajaran Forkompimda dan Ketua PMI Provini NTT, Drs. Guido Fulbertus, M. Si.

Kepala Markas PMI Kabupaten Manggarai, Oswaldus E. Mario, ketika ditemui di tempat yang sama mengatakan, PMI Kabupaten Manggarai saat ini sudah berkembang cukup baik, salah satunya adalah kelengkapan sarana prasarana, kelengkapan mobilitas dan juga kelengkapan administrasi.

“Salah satu yang tidak kalah penting adalah menyiapkan SDM, khususnya relawan, karena relawan ini menjadi salah satu unsur yang sangat penting,” terangnya.

Tugas penting selanjutnya bagi pengurus PMI adalah membumikan PMI di masyarakat, karena saat ini masih ada sebagian besar masyarakat yang belum mengetahui tugas dari PMI.

“Sebagian warga masih mengenal tugas PMI hanya sebatas donor darah, itu menjadi PR kita bersama, karena sebenarnya PMI masih punya tugas dan misi kemanusiaan yang lebih banyak”, ungkap Oswaldus.

Hingga berita ini dirilis, kegiatan Muskab III PMI Manggarai sedang berlangsung dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban Pengurus PMI Kabupaten Manggarai masa bhakti 2016-2021 dan pemilihan Ketua PMI Kabupaten Manggarai masa bhakti 2021-2026. (RED).

Previous articleGubernur VBL: Bangun Gereja Wujud Nyata Bangun SDM di NTT
Next articlePemda Manggarai Terima Bantuan Alkes dari BRI Cabang Ruteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here